Wardhani, Sri and Rumiati, Rumiati (2011) Modul matematika SMP program BERMUTU: instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP belajar dari PISA dan TIMSS. [Teaching Resource]
Text
4.INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA .....pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Setiap topik ditulis dalam satu modul yang terdiri atas beberapa kegiatan belajar (KB). Modul pertama membahas tentang literasi matematika-PISA-TIMSS dan tujuan mata pelajaran matematika pada Standar Isi yang disajikan dalam dua kegiatan belajar. Bahasan pada Kegiatan Belajar (KB) 1 tentang pengertian literasi matematika dan hubungannya dengan tujuan mata pelajaran matematika dalam Standar Isi.
Dalam KB 1 ini dibahas tentang pengertian literasi matematika menurut para ahli dan studi PISA. Pengertian literasi matematika tersebut dihubungkan dengan tujuan mata pelajaran matematika yang dimuat dalam Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP. KB 2 membahas tentang PISA dan TIMSS bidang matematika dan aspek aspek kemampuan siswa yang dinilai.
Modul kedua membahas tentang contoh soal-soal matematika dalam studi PISA dan TIMSS dan kasus-kasus hasil penilaiannya yang disajikan dalam dua kegiatan belajar. KB 1 membahas contoh soal-soal matematika dalam PISA dan kasus-kasus hasil
penilaian yang menyertainya. KB 2 membahas hal yang sama tapi untuk TIMSS.
Modul ketiga atau terakhir membahas tentang rekomendasi hasil studi PISA dan TIMSS untuk peningkatan literasi matematika siswa Indonesia yang disajikan dalam dua kegiatan belajar. KB 1 membahas tentang analisis kemampuan matematika siswa dalam hasil studi PISA dan TIMSS dan KB 2 membahas tentang rekomendasi dari PISA dan TIMSS dalam usaha peningkatan literasi matematika siswa Indonesia. Uraian pada KB 1 dan KB 2 dalam modul ketiga ini dimaksudkan sebagai bahan terjadinya refleksi diri para pembaca. Refleksi tersebut dalam rangka mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan pembaca pada pengembangan atau pemilihan soal-soal matematika yang digunakan siswa dalam proses belajar seharihari, mengacu pada soal-soal matematika yang digunakan dalam studi PISA dan TIMSS, kemudian menindaklanjutinya. Dalam setiap modul, istilah “instrumen penilaian hasil belajar matematika” diartikan sebagai “soal-soal matematika”.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Matematika |
Depositing User: | Mrs Sri Pudjiastuti |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 03:31 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 03:31 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15137 |
Actions (login required)
View Item |