Jandra, Mifedwil and Tashadi, Tashadi and Wibowo, H.J. and Suhatno, Suhatno and Kamdhani, Kamdhani (1991) Perangkat/alat-alat dan pakaian serta makna simbolis upacara keagamaan di lingkungan Keraton Yogyakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta.
Text
PERANGKAT ALAT-ALAT DAN PAKAIAN SERTA MAKNA UPACARA KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN KERATON.pdf Download (99MB) |
Abstract
Tujuan pennulisan buku ini yaitu; Memperoleh gambaran deskriptip tentang perangkat, pakaian dan doa (bacaan) pada beberapa upacara tradisional keagamaan di Kraton Yogyakarta kemudian dapat mengerti dan memahami arti dan makna yang dikandungnya; Menyelamatkan pengetahuan tentang perangkat dan makna simbolik upacara tradisional keagamaan; Sebagai pengokoh nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, nilai-nilai ini memberi pedoman dan memberi arah terhadap hidup yang bersifat umum. Sedangkah norma adalah aturan untuk bertindak yang bersifat khusus, jelas dan tegas; Memperkokoh landasan dan mempertebal kepercayaan akan pelestarian kebudayaan alama dan menempatkannya secara proposional yang mengandung nilai luhur serta bermanfaat dalam pembangunan nasional dan pengamalan keagamaan; Memberi informasi kepada orang banyak tentang makna simbolis perangkat upacara tradisonal keagamaan, khitanan, perkawinan, malam selikuran dan grebeg yang pada umumnya sering tidak bisa dilepaskan dalam perjalanan hidup manusia, sehingga dapat digunakan sebagai bahan dokumentasi yang memenuhi persyaratan ilmiah; Memperkaya khasanah budaya yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan studi khususnya dibidang budaya.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan Pendidikan > Buku Sekolah |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 10:15 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 10:15 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13217 |
Actions (login required)
View Item |