Noor, Mohammad and Achmad, A. Moeis and Yuga, Surya and Sukarni, Anni (1988) Arti perlambang dan fungsi tata rias pengantin dalam menanamkan nilai-nilai budaya daerah Kalimantan Timur. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Text
ARTI PERLAMBANGAN DAN FUNGSI TATA RIAS PENGANTIN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAERAH KALTIM.pdf Download (43MB) |
Abstract
Pada penulisan naskah dari hasil pengumpulan data
yang dilakukan oleh anggota penelitian, kita perkenalkan
tata rias, tata busana, alat perhiasan dan alat perlengkapan upacara pengantin yang masih di tradisikan di
daerah Kali man tan Timur.
Tata rias pengantin, arti lambang dan fungsinya yang
akan diperkenalkan dalam tulisan ini, ialah tata rias pengantin suku Berau di Kabupaten Berau, suku Kutai di kabupaten Kutai, suku Kenyah di Long Noran dan di Long
Segar di kabupaten Kutai.
Suku Berau yang diteliti dan dideskripsikan dalam
naskah ini, dipilih lokasi yang penduduknya masih kuat memegang tradisi adat perkawinan dan upacara pengantin yaitu di desa Sambaliung bekas ibukota kerajaan Sambaliung
dan di desa Gunung Tabur bekas ibukota kerajaan Gunung
Tabur. Dari beberapa upacara pengantin berdasarkan stratifikasi sosial, perhiasan nagabandung atau nagakembang
di atas kepala mempelai wanita, merupakan lambang mengandung makna dan pesan dari masyarakat agar pengantin
wanita harus selalu tabah, berani dan lincah menghadapi
segala tantangan kesulitan hi'dup dalam mengurus rumah
tangganya. Selain dari benda, warna kuning menjadi simbol mengandung makna kedudukan sosial seseorang, bahwa ia adalah keturunan ningrat.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan Pendidikan > Buku Sekolah |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 02 Jun 2019 23:33 |
Last Modified: | 02 Jun 2019 23:33 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13050 |
Actions (login required)
View Item |