Siswati, Tri (2011) Hubungan kompetensi dan motivasi berprestasi tutor dengan mutu layanan pembelajaran anak usia dini. Damar Jayagiri, 2011. pp. 19-27. ISSN 2087-1260
Text
19-27.pdf Download (5MB) |
Abstract
Masalah penelitian ini diangkat dari rendahnya mutu pelayanan yang diberikan oleh tutor dalam proses pembelajaran anak usia dini yang diakibatkan oleh keterbatasan kemampuan tutor dalam menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi anak yang disebabkan oleh kurangnya kompetensi dan motivasi berprestasi tutor itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran hubungan antara tingkat kompetensi pedagogik, kepribadian tutor, tingkat kompetensi profesional dan tingkat kompetensi hubungan sosial tutor serta motivasi berprestasi tutor dengan mutu layanan pembelajaran anak usia dini pada kelompok bermain.
Teori yang digunakan adalah berhubungan dengan kompetensi dasar seorang guru atau tutor, teori konsep motivasi berprestasi dan teori mutu layanan pembelajaran anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan jumlah populasi sebanyak 297 orang dari 67 kelompok bermain di kota Bengkulu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 responden yang diambil dari sebagian populasi tutor kelompok bermain di kota Bengkulu. Teknik analisis yang dipergunakan adalah regresi sederhana, regresi berganda, dan korelasi sederhana, korelasi berganda serta uji t.
Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) besarnya hubungan variabel X1 terhadap Y adalah r=0,462 tergolong sedang, sedangkan kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 21% kemudian sisanya 79% oleh faktor lain, (2) besarnya hubungan X2 terhadap Y adalah r=0,427 tergolong sedang, sedangkan kontribusi variabel X2 terhadap Y sebesar 18% kemudian sisanya 82% oleh faktor lain, (3) besarnya hubungan variabel X3 terhadap Y adalah r=0,282 tergolong rendah, sedangkan kontribusi variabel X3 terhadap Y sebesar 8% kemudian sisanya 92% oleh faktor lain, (4) besarnya hubungan variabel kompetensi sosial terhadap mutu layanan adalah r=0,291 tergolong rendah, sedangkan kontribusi variabel X4 terhadap Y sebesar 9% kemudian sisanya 91% oleh faktor lain, dan (5) besarnya hubungan variabel X5 terhadap Y adalah r=0,436 tergolong sedang, sedangkan kontribusi variabel X5 terhadap Y sebesar 19% kemudian sisanya 81% oleh faktor lain, dan (6) besarnya hubungan variabel X1, X2, X3, X4, dan X5 secara simultan terhadap Y adalah sebesar r=0,619 tergolong kuat. Sedangkan kontribusi secara bersama-sama variabel X1, X2, X3, X4, dan X5 terhadap Y=r²x100% atau 0,619²x100%=38,3% sedangkan sisanya 61,7% ditentukan oleh variabel lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Paud, Kompetensi |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat |
Depositing User: | Mrs Sofi Suwaris |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 08:09 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:09 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/8977 |
Actions (login required)
View Item |