Wahyuningsih, Sri and Herlianthy, Sri Lilis and Arlina, Arlina and Yamin, Farhan (2015) Model strategi ASI dalam peningkatan kompetensi pendidik PAUD inklusif melalui gugus PAUD. PP Paudni Regional I, Lembang.

[img]
Preview
Text
Model 2015-PAUD-Model Strategi ASI-lengkap-w.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pendidikan inklusif di Indonesia merupakan paradigma baru. Implementasi pendidikan inklusif memerlukan perubahan mindset, pemahaman yang utuh serta sikap dan keterampilan yang memadai dari semua unsur yang terlibat. Pendidik merupakan salah satu unsur yang berperan penting dalam implementasi PAUD inklusif. Pendidik yangmemahami pendidikan inklusif dan memiliki kompetensi untuk memberikan layanan padapeserta didik di PAUD Inklusif masih kurang. Berdasarkan hasil identifikasi, kondisi dan kemampuan pendidik di lembaga yang telah menerima ABK, baik yang belum atau sudah menyatakan dirinya sebagai PAUD inklusif sangat beragam. Diperlukan sebuah strategi untuk melakukan peningkatan kompetensi pendidik PAUD inklusif melalui suatu wadah yang dekat dan memungkinkan bagi para pendidik untuk dapat berinteraksi dan berdiskusi secara cepat dalam mencari solusi terhadap permasalahan keseharian, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan PAUD. Model Strategi ASI dalam Peningkatan kompetensi Pendidik PAUD Inklusif Melalui Gugus PAUD merupakan salah satu upaya untuk membangun mindset PAUD inklusif pada pendidik PAUD, yang pada kenyataanya saat ini secara tidak disadari atau terpaksa telah menerima anak yang beragam termasuk ABK. Upaya ini ditujukan untuk membangun kepedulian pendidik agar mereka dapat menerima keberagaman, memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis yang dapat memberikan pengalaman pembelajaran secara nyata dan dapat diterapkan secara langsung dalam memberikan layanan pada peserta didik PAUD Inklusif. Hadirnya model ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyelenggara dan fasilitator/narasumber dalam melaksanakan peningkatan kompetensi pendidik PAUD inklusif melalui gugus PAUD dengan menggunakan strategi ASI. Peningkatan kompetensi bertujuan untuk memberikan penguatan pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang pendidikan inklusif pada pembelajaran PAUD. Aspek peningkatan kompetensi meliputi (1) Pemahaman filosofi dan konsep PAUD Inklusif; (2) Pemahaman langkah-langkah implementasi PAUD inklusif pada pembelajaran(3)Pengenalan ABK dan praktek menyusun Program Pembelajaran Individual (PPI); (4) Pembelajaran aktif; (5) Strategi komunikasi dengan orang tua peserta didik. Strategi peningkatan kompetensi dilakukan melalui 3 tahapan yaitu amati, simulasi, dan implementasi. Ketiga tahapan ini yang diikuti oleh peserta dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Amati merupakan aktivitas peserta untuk mengamati dengan menggunakan alat indra dalam memahami sesuatu hal. Simulasi adalah aktifitas pembelajaran yang dilakukan dengan membuat suatu keadaan seolah-olah mengalami kenyataan yang sebenarnya melalui kegiatan bermain peran. Implementasi adalah aktifitas menerapkan suatu pengetahuan, keterampilan atau sikap pada kondisi yang sebenarnya. Melalui ketiga tahapan ini diharapkan kegiatan pembelajaran terjadi secara komprehensif (menyeluruh) dari mulai penguasaan konsep, belajar menghayati dengan mencoba mempraktekkan pada lingkungan buatan, hingga praktek menerapkannya pada lingkungan nyata yang dihadapinya, sehingga peserta memperoleh pengalaman praktis secara langsung. Perangkat model yang dihasilkan meliputi naskah model, kurikulum yang memuat silabus, RPP, bahan ajar, media, dan panduan penerapan strategi ASI pada pembelajaran, yang dapat digunakan penyelenggara dan fasilitator untuk melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi pendidik PAUD inklusif. Model ini baru diujicoba secara terbatas didua tempat penyelenggaraan yaitu PAUD Terpadu Kasih Bunda, Gugus 20, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, dan TK Roudhlatul Jannah, Gugus PAUD Melati, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Item Type: Book
Additional Information: Termasuk di dalamnya : 1. Panduan penerapan strategi ASI dalam pembelajaran 2. Kurikulum strategi ASI dalam peningkatan kompetensi pendidik paud inklusif melalui gugus PAUD
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:41
Last Modified: 18 Sep 2018 02:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/7181

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot