Hermawan, Ida Kintamani Dewi (2015) Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan. Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan, 21 (1).
|
Text
7. IDA.pdf - Published Version Download (154kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji potensi layanan pendidikan anak
usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF), indikator pendidikan berdasarkan misi
pendidikan, dan kinerja PAUD dan PNF tahun 2012. Metode yang digunakan adalah studi
dokumentasi atau kepustakaan. Analisis dilakukan secara deskriptif menggunakan indikator
pendidikan berdasarkan misi pendidikan, yaitu ketersediaan, kualitas, kesetaraan, kepastian
layanan. Hasil kajian menunjukkan bahwa potensi 7 layanan pendidikan (pendidikan
keaksaraan (PK), PAUD, TK, Paket A, Paket B, Paket C, dan kursus) telah berhasil
menampung 12,9 juta peserta didik, dengan pendidik sebesar 575,6 ribu, dan pengelola
sebesar 160,9 ribu. Selain itu, berdasarkan misi pendidikan dengan nilai ideal 100 maka
ketersediaan sebesar 84,48, kualitas sebesar 59,92, kesetaraan sebesar 83,85, dan
kepastian sebesar 73,45 sehingga kinerjanya menjadi 75,43. Simpulannya, kinerja PAUD
dan PNF yang terendah adalah pada kualitas layanan dan yang tertinggi adalah pada ketersediaan layanan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Sekretariat Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 03:20 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 03:20 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/418 |
Actions (login required)
View Item |