Wang, Claudia and Zhang, Monique and Sesunan, Ali and Yolanda, Laurencia (2023) Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia : tinjauan dampak terkini gerakan Merdeka Belajar. Project Report. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta.
|
Text
Indonesias-K-12-Education-Quality-Improvement-Bahasa-05122023.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (2MB) | Preview |
Abstract
Laporan ini berfokus pada dampak jangka menengah program reformasi pendidikan Indonesia, ‘Merdeka Belajar,’ dan integrasi teknologi pemerintah Indonesia dalam
pelaksanaan kebijakan pendidikan. Laporan ini mengkaji akar permasalahan yang menghambat peningkatan kualitas sistem pendidikan di Indonesia, menjelaskan maksud dan ruang lingkup program revitalisasi pendidikan, serta mengungkap peran penting alat dan intervensi teknologi dalam implementasi kebijakan.
Penelitian kami telah mengidentifikasi bahwa penyebab utama buruknya capaian akademik adalah kurikulum sebelumnya yang masih berbasis materi-materi preskriptif, kurangnya
kesempatan pengembangan karier dan kompetensi bagi guru, serta rendahnya efisiensi dalam manajemen sekolah dan proses pengambilan keputusan. Program reformasi pendidikan dengan demikian mencakup elemen-elemen penting untuk mengatasi tantangan-tantangan ini hingga ke akar-akarnya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan Pendidikan > Sekolah > Sarana dan Prasarana |
Divisions: | Sekretariat Jenderal |
Depositing User: | Ms Ari Sulistiani |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 04:58 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 04:58 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30537 |
Actions (login required)
View Item |