Evawarni, Evawarni (2010) Teknologi pengolahan makanan hasil laut di Kabupaten Bangka. Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjungpinang, Tanjungpinang. ISBN 978-979-1281-40-9

[img]
Preview
Text (Buku ini merupakan penelitian kebudayaan)
TEKNOLOGI PENGOLAHAN MAKANAN HASIL LAUT DI KABUPATEN BANGKA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (62MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Belinyu sangat arif dalam memanfaatkan potensi alam yang dimiliki. Kekayaan hasil laut yang melimpah berupa ikan dengan berbagai jenis lainnya, selain langsung dijual kepada konsumen juga diolah menjadi berbagai macam makanan untuk kebutuhan sehari-hari dan dijual untuk pemenuhan kebutuhan lainnya. Makanan hasil olahan ini mempunyai nilai jual yang tinggi dan disamping itu juga membuka lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat lainnya. Mereka punya teknologi pengolahan hasil laut yang menghasilkan berbagai jenis makanan, baik makanan siap saji, makan setengah jadi ataupun makanan khas lainnya.
Teknologi pengolahan makanan hasil laut ini mereka peroleh dari pendahulu mereka yang diwariskan secara turun-temurun. Kemudian juga diperkaya dengan pengalaman sehari-hari melalui persentuhan antar budaya yang ada di sekitar mereka, sehingga teknologi yang mereka miliki bermacam-macam baik yang bersifat tradisional atau pun modern yang kesemuanya dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Makanan Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Kepulauan Riau
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:22
Last Modified: 27 Feb 2024 02:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot