Ernatip, Ernatip (2010) Makanan tradisional Palembang : kajian fungsi dan nilai budaya. BPSNT Padang Press, Padang. ISBN 978-602-8742-13-9

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan hasil kebudayaan daerah)
MAKANAN TRADISIONAL PALEMBANG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (67MB) | Preview

Abstract

Kajian tentang makanan tradisional identik dengan kajian makanan khas, karena makanan tradisional suatu daerah ada yang mengalami kemajuan sehingga tetap eksis. Keeksisan itulah yang menyebabkan makanan tersebut menjadi makanan khas daerah yang bersangkutan. Palembang salah satu daerah yang cukup terkenal dengan sebutan kota "pempek". Di manapun orang memakan pempek pasti menyebut namanya dengan pempek Palembang. Nama pempek sudah melekat ke nama kota yakni Palembang, sehingga orang luar beranggapan bahwa semua orang Palembang pandai membuat pempek.
Pempek adalah sejenis makanan tradisional Palembang yang banyak digemari orang, tidak saja oleh penduduk lokal melainkan orang daerah lain pun menyukainya. Makanan tradisional Palembang cukup banyak, tapi yang sangat populer adalah dan kemplang atau kerupuk. Makanan itu sudah menjadi makanan idola bagi kebanyakan orang terutama bagi pendatang yang berkunjung ke Palembang. Setiap hari makanan itu ada dijual baik di pasar-pasar maupun di tempat-tempat tertentu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Makanan Tradisional
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:56
Last Modified: 29 Feb 2024 06:56
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30432

Actions (login required)

View Item View Item