Yusuf, Achmad and Haryono, Bejo and Basuki, Basuki and Isma'un, Isma'un (1987) Pameran di balik rahasia tehnologi pembuatan keris. Proyek Pengembangan Permuseuman Daerah Istimewa Yogyakarta, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PAMERAN DI BALIK RAHASIA TEHNOLIGI PEMBUATAN KERIS.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (14MB) | Preview

Abstract

Salah satu rangkaian Proyek Pengembangan Permuseuman Daerah Istimewa Yogyakarta tahun anggaran 1987-1988 adalah menyelenggarakan pameran khusus. Adapun judul pameran khusus kali ini adalah "Di Balik Rahasia Tehnologi Pembuatan Keris". Pameran khusus yang bertema "Dengan Pameran Keris Kita Lestarikan dan Kembangkan Budaya Bangsa sesuai Perkembangan Teknologi".
Sikap dan pandangan masyarakat terhadap keris beraneka ragam, namun pada umumnya sangat mengaguminya. Terhadap warisan budaya keris yang unik dan artistik ada yang sementara beranggapan bahwa hasil ciptaan seorang Empu sakti, bahkan merupakan jelmaan dari suatu mahkluk sehingga terjadilah sebuah keris yang sangat bertuah.
Bagi generasi anak-anak muda sekarang yang kadang-kadang ingin berfikir serba rasional memandang sebuah keris yang adiluhung dan karena dibumbui berbagai macam ceritera aneh-aneh menjadi makin tidak tahu, tidak peduli dan kurang perhatian, makin jauh dan mungkin dapat berkembang dan tidak tahu kalau warisan budaya yang adiluhung ini peninggalan hasil teknik seni tempa leluhur kita yang tinggi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Senjata Tradisional
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 11 Jan 2024 05:46
Last Modified: 11 Jan 2024 05:46
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30015

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot