Sufi, Rusdi and B., M. Alamsjah and Djalil, M. Harun and Adnan, Adnan (1996) Dampak pembangunan (pasar) terhadap kehidupan sosial Daerah Istimewa Aceh. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Istimewa Aceh, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang dampak pembangunan pasar terhadap kehidupan sosial)
DAMPAK PEMBANGUNAN PASAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAERAH ISTIMEWA ACEH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (27MB) | Preview

Abstract

Peranan pasar bagi masyarakat pedesaan khsususnya di bidang ekonomi ternyata sangat besar. Hal ini antara lain disebabkan karena pasar bagi masyarakat pedesaan menjadi tempat mereka menjual hasil produksinya. Oleh karena hasil produksi mereka dapat dipasarkan dan laku di pasar, maka hal ini mendorong penduduk untuk bekerja lebih giat lagi, baik di bidang pertanian, peternakan, perikanan maupun di bidang kerajinan tangan. Selain itu pasar merupakan tempat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terutama pangan dan sandang. Di sini penduduk juga dapat memperoleh pengetahuan dan kemampuan baru di bidang ekonomi, baik sistem produksi, distribusi maupun konsumsi.
Dalam kaitan dengan perubahan kebudayaan, pasar juga menjadi tempat pembauran berbagai etnis, macam-macam golongan dan tingkatan sehingga timbul paham kebersamaan . Di sini juga sebagai tempat komunikasi sehingga membuka pandangan yang lebih luas dan penduduk dapat menguasai bahasa Indonesia secara lebih baik. Maka dengan demikian pasar yang merupakan tempat kegiatan ekonomi dari berbagai warga masyarakat, juga merupakan tempat kegiatan kebudayaan. Dan pasar ini akan berperan pula dalam perubahan kebudayaan serta senantiasa berkembang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:24
Last Modified: 02 Feb 2024 08:24
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29661

Actions (login required)

View Item View Item