Sukarso, Ekodjatmiko and Suyanto, Suyanto (2007) Model media pendidikan inklusi. Suplemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif . Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Jakarta.
|
Text
MODEL MEDIA PENDIDIKAN INKLUSI.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (10MB) | Preview |
Abstract
Dalam rangka mensukseskan program Wajib Belajar dan perwujudan hak azasi manusia, layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) perlu lebih ditingkatkan.
Selama ini pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus lebih banyak diselenggarakan secara segregasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB). Sementara itu lokasi SLB dan SDLB pada umumnya berada di lbu kota kabupaten, padahal anak-anak berkebutuhan khusus banyak tersebar hampir di seluruh daerah (Kecamatan/Desa). Akibatnya sebagian anak berkebutuhan khusus tersebut tidak bersekolah karena lokasi SLB dan SDLB yang ada jauh dari tempat tinggalnya, sedangkan sekolah umum belum memiliki kesiapan untuk menerima anak berkebutuhan khusus karena merasa tidak mampu untuk memberikan pelayanan kepada ABK di sekolahnya.
Untuk itu perlu dilakukan terobosan dengan memberikan kesempatan dan peluang kepada anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidilkan di sekolah umum (SD/Ml, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK), yang disebut "Pendidikan lnklusif". Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam implementasi pendidikan inklusif, maka pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa menyusun naskah "Prosedur Operasi Standar Pendidikan lnklusif."
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Pendidikan Khusus > Pendidikan Inklusif |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 04:06 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 04:06 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29554 |
Actions (login required)
View Item |