Sopandi, Andi and Abdu Asy Syahid, Mushab and Mubarok, Machmud and Djohanr, Mahaniza (2022) Pengkajian data "Kawasan Menteng jilid 2"; gedung-gedung yang terkait dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan. Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, pp. 1-227.

[img] Text (Kajian)
Kajian Gedung Kawasan Menteng Jilid II Munasprok.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (17MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pendataan Gedung-gedung bersejarah di Kawasan Menteng, yang berkaitan dengan peristiwa perumuskan proklamasi kemerdekaan dan didasari oleh peristiwa yang ditelusuri, memiliki makna tematik, terkait dengan asrama dan basecamp Gerakan Pemuda yang memiliki kontribusi pelaksanaan proklamasi.
Berkaitan dengan peristiwa Gerakan pemuda di atas, ada beberapa momentum bersejarah, yang kemudiaan melahirkan pemikiran-pemikiran tentang politik, jiwa militan dan semangat nasionalisme yang bermuara dari beberapa kantung-kantung bangunan bersejarah di sekitar Kawasan Menteng, seperti: Asrama Cikini 71, Asrama menteng 31, De Prapattan 10, Laboratorium Mikrobiologi, dan Taman Proklamasi yang kemudian mereka mendapatkan pendidikan politik, semangat nasionalisme dan kemerdekaan, kepemerintahan dan kenegaraan
Selanjutnya, dalam penjabaran Gedung-Gedung terkait dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kawasan Menteng, ada beberapa hal yang dikaji dalam penjabaran di atas, meliputi: (a) Data dan informasi Riwayat gedung (dilihat dari Aspek Arsitektur dan Historis); (b) Status kepemilikan; (c) Lokasi gedung; (d) Pemanfaatan gedung dari masa ke masa; dan polarisari kewilayahan terhadap gedung pada masa itu hingga kini.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Musuem Perumusan Naskah Proklamasi
Depositing User: museum proklamasi
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:04
Last Modified: 01 Dec 2023 03:14
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item View Item