Mulyana, Emul and Wahyudi, Dadang and Purantiningrum, Liesna and Saepudin, Asep (2017) Model rekognisi, validasi dan sertifikasi (RVS) bagi pendidik PAUD. [Teaching Resource]
Text
Model 2017-Model RVS.pdf Copyright All Rights Reserved Download (5MB) |
Abstract
Tingginya jumlah pendidik PAUD yang memiliki kualifikasi SMA/sederajat bahkan SMP menjadikan kesenjangan antara kualifikasi yang dibutuhkan dengan kualifikasi yang tersedia dan kondisi ini berlangsung lama. Rekognisi, validasi dan
Sertifikasi (RVS) merupakan pengakuan terhadap pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dari luar sistem pendidikan formal.Melalui RVS, pengalaman yang telah dimiliki oleh pendidik PAUD diharapkan dapat diakui sebagai
kompetensi pendidik PAUD.
Tahap Pertama ini dikembangkan RVS bagi Guru Pendamping Muda yang mengakui pengalaman pendidik PAUD sebagai guru pandamping. Acuan dalam mengakui pengalaman pendidik PAUD ini menggunakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang berbasis KKNI. Instrumen yang digunakan untuk mengukur
kemampuan pendidik PAUD ini berbasis portofolio.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat |
Depositing User: | Mrs Sofi Suwaris |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:34 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:34 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/26042 |
Actions (login required)
View Item |