Effendy, Muslimin A.R. and Istiawan, Budi and Sriputri, Etha and Ramadhani, Riski and Rusdiana, Eva and Adib, M Mukhtar Lukti (2020) Penanganan kasus temuan di Perumahan Grand City (ekskavasi Bungker Sinar Mas) kota Balikpapan. Technical Report. BPCB Kalimantan Timur, Samarinda.

[img] Text
2020_Penangan Kasus Temuan Perumahan Grand City (Bunker Sinar Mas), Kota Balikpapan.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data profil Cagar Budaya Kota Balikpapan, tercatat sebanyak 111 objek yang diduga Cagar Budaya telah dilakukan inventarisasi sampai dengan tahun 2014. Objek tersebut terdiri dari meriam, bungker, rumah panggung, rumah lengkung, kantor, makam, sekolah, rumah sakit, dan objek-objek lainnya yang merupakan peninggalan Belanda dan Jepang saat menduduki Kota Balikpapan. Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Balikpapan terus melanjutkan kegiatan inventarisasi dan registrasi objek-objek yang diduga Cagar Budaya yang masih tersebar di seluruh wilayah Balikpapan. Salah satunya adalah Bangunan Bungker yang ditemukan di wilayah Perumahan Grand City dari perusahaan pengembang Sinar Mas Land. Lokasi penemuan bungker ini di dalam hutan yang lahannya di bawah penguasaan Sinar Mas
Land dan akan dikembangkan menjadi perumahan. Kegiatan pembangunan perumahan ini dikhawatirkan akan mengancam keberadaan dan kelestarian bungker tersebut, maka perlu dilakukan kegiatan pengamanan berupa penanganan kasus yang diawali dengan pengumpulan data secara sistematis melalui ekskavasi dan dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPCB Kalimantan Timur
Depositing User: bpcb kaltim
Date Deposited: 11 Mar 2022 10:53
Last Modified: 11 Mar 2022 10:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24988

Actions (login required)

View Item View Item