Wahyuono, Vinsensius Ngesti and Handayani, Andi Sultra and Arsyad, Halidaziah and Zulfikar, Ahmad Rizki (2020) Pemutakhiran data cagar budaya kota Samarinda: Masjid Sirathal Musthaqiem, Makam La Mohang Daeng Mangkona. BPCB Kalimantan Timur, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Samarinda.

[img] Text
2020_Permutakhiran Data Cagar Budaya Kota Samarinda.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (8MB)

Abstract

Masjid Shirathal Musthaqim adalah masjid tertua di Kota Samarinda, tepatnya di Kelurahan Mesjid, Kecamatan Samarinda Seberang, Provinsi Kalimantan Timur.
Masjid yang dibangun pada tahun 1881 ini pernah menjadi pemenang ke-2 dalam Festival masjid-masjid bersejarah di Indonesia pada tahun 2003. Pada tahun 1880,Sayyid Abdurahman bin Muhammad Assegaf dengan gelar Pangeran Bendahara merupakan seorang pedagang muslim dari Pontianak datang ke Kesultanan Kutai. Beliau memilih kawasan Samarinda Seberang sebagai tempat tinggalnya dan ditanggapi oleh Sultan Kutai Aji Muhammad Sulaiman setelah melihat ketekunan dan ketaatan Sayyid Abdurahman dalam menjalankan syariat Islam dah akhirnya diberi izin oleh Sultan Kitai.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPCB Kalimantan Timur
Depositing User: bpcb kaltim
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:33
Last Modified: 02 Mar 2022 07:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item