Handayani, Meni and Ulummudin, Ikhya and Perdana, Novrian Satria and Aisha, Asma (2021) Risalah Kebijakan Nomor 10, Juli 2021 : Mempersiapkan Sekolah Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Other. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta.
Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 12, Agustus 2021_Mewujudkan Pembelajaran Aman bagi PDPD.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (4MB) |
Abstract
Asesmen Nasional (AN) akan diterapkan untuk mengganti Ujian Nasional. Komponen AN antara lain Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AN berfungsi sebagai asesmen terhadap sistem pendidikan yang pada akhirnya dapat menjadi rujukan kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.
Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan ada dua rekomendasi yang perlu dipertimbangkan oleh pemangku kebijakan, yaitu:
1. Melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman guru
a. Perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada guru dalam hal pembelajaran dan penilaian yang selaras dengan filosofi dan konsep AKM
b. Menyiapkan program pendampingan kepada kepala sekolah dan guru agar sekolah dapat mengembangkan materi ajar
2. Memitigasi potensi dampak AKM terhadap praktik penyempitan kurikulum oleh sekolah
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Asesmen Nasional Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Ms Ari Sulistiani |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 19:40 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 19:40 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24606 |
Actions (login required)
View Item |