Handayani, Meni and Ulummudin, Ikhya and Perdana, Novrian Satria and Aisha, Asma (2021) Risalah Kebijakan Nomor 10, Juli 2021 : mempersiapkan sekolah menggadami Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Manual. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta.
Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 10, Juli 2021_Kesiapan Sekolah Menghadapi AKM.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan pengalaman mengikuti uji coba AKM, sebagian guru dan siswa menilai soal-soal AKM tidak mencerminkan apa yang diperoleh dari proses pembelajaran di sekolah, sehingga keberadaan AKM dapat mendorong mereka untuk mengubah strategi pembelajaran.
Secara umum, soal-soal AKM relatif mudah dipahami, meskipun tidak mudah dijawab, terutama karena kebiasaan dengan materi serta cara penilaian lama.
Kemendikbudristek perlu lebih intensif memberikan pemahaman kepada sekolah tentang filosofi dan tujuan AKM, sehingga tidak terjadi proses adaptasi yang kontraproduktif seperti upaya penyempitan kurikulum dalam bentuk fokus yang berlebihan pada pengajaran mata pelajaran tertentu.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Asesmen Nasional Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Sekolah Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Manajemen Sekolah Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Ms Ari Sulistiani |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 11:22 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 11:22 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23409 |
Actions (login required)
View Item |