Sofiah, Siti and Hakim, Abdul and Wahono, Wahono (2014) APK/APM (Angka Partisipasi Kasar/Angka Partisipasi Murni) Tahun 2013/2014. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9794015717

[img] Text
APKAPM (Angka Partisipasi Kasar Angka Partisipasi Murni) Tahun 2013.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 K. Adapun Misi 5 K yang dimaksud adalah ketersedian layanan pendidikan, keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas mutu pendidikan, mewujudkan kesetaraan untuk pendidikan, dan misi yang terakhir adalah menjamin kepastian mendapatkan layanan pendidikan. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan, khususnya pada misi yang ke-5, yaitu kepastian mendapatkan layanan pendidikan atau pemerataan dalam layanan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota, adalah melalui APK (Angka Partisipasi Kasar) dan APM (Angka Partisipasi Murni) pada jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SM, dan PT/sederajat di tingkat nasional, provinsi, serta kabupaten/kota. Buku APK/APM Tahun 2013/2014 disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) berdasarkan data yang dikumpulkan oleh unit kerja terkait di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama setelah dilakukan empat kali diskusi, yang dilaksanakan dengan unit kerja terkait. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan Buku ini adalah Sekretariat Direktorat Jenderal (Setditjen) PAUDNI, Setditjen Dikdas, Setditjen Dikmen, Setditjen Dikti, Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Pembinaan SD, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat PKLK Dikdas, Direktorat PKLK Dikmen, dan Setditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. PAUD mencakup TK, TKLB, RA/BA, KB, TPA, dan SPS; SD termasuk SDLB, Ml, dan Paket A; SMP termasuk SMPLB, MTs, dan Paket B; SM termasuk SMA, SMK, SMLB, MA, dan Paket C; serta PT mencakup PTN, PTS, PTA, dan PTK. Sumber data yang digunakan untuk menyusun buku ini adalah data Dapodik Dikdas dan Dikmen, data Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Direktorat Pembinaan SD dan Direktorat Pembinaan SMP, data PDPT Dikti, data EMIS Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama serta data proyeksi penduduk berdasarkan SP2010 oleh Bappenas. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan data APK/APM sebagai bahan perumusan kebijakan, penyusunan perencanaan, dan penyusunan laporan di bidang pendidikan. Diharapkan semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dapat memanfaatkan informasi dan menjadikan buku ini sebagai satu-satunya rujukan yang berkaitan dengan APK dan APM tahun 2013/2014.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Analisis Media Monitoring
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Neraca Pendidikan Daerah
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Infografis Pendidikan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Divisions: Sekretariat Jenderal > Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:24
Last Modified: 04 Aug 2021 06:24
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22956

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot