Sumairawati, Fitri (2016) Analisis sumber daya manusia Pendidikan Anak Usia Dini dan Nonformal Tahun 2016. Working Paper. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Text
Analisis SDM PAUD dan Nonformal Tahun 2016.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (1MB) |
Abstract
Buku ”Analisis Sumber Daya Manusia Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Tahun 2016” ini bertujuan untuk melakukan kajian data pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF) khusus tentang sumber daya manusia (SDM) pada program‐program PAUD dan PNF. SDM yang dimaksud terdiri dari pendidik dan pengelola. Program PAUD dan PNF yang dimaksud terdiri dari pendidikan keaksaraan, PAUD, taman kanak‐kanak (TK), pendidikan kesetaraan yang terdiri dari paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA serta kursus. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi. Dokumentasi yang digunakan adalah Statistik PAUD dan Statistik PNF yang dihasilkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dan Data Pokok Pendidikan Nonformal (dapodik nonformal) yang diolah kembali. Pengumpulan data dilakukan menggunakan item data yang diperlukan dalam melakukan analisis SDM PAUD dan PNF. Item data tersebut terdiri dari tiga jenis data, yaitu peserta didik, pendidik, dan pengelola. Rincian untuk pendidik ada empat jenis, yaitu menurut ijazah, menurut jenis kelamin, menurut pekerjaan utama/status kepegawaian, dan menurut pelatihan yang diikuti. Rincian untuk pengelola ada dua, yaitu menurut ijazah, dan menurut jenis kelamin. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik tabulasi dalam tabel untuk memudahkan dalam melakukan interpretasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil dan bahasan terdiri dari empat hal, yaitu 1) potensi SDM PAUD dan PNF, 2) kebutuhan, kekurangan/kelebihan SDM PAUD dan PNF, 3) indikators SDM PAUD dan PNF, dan 4) kinerja SDM PAUD dan PNF berdasarkan indikator pendidikan. Untuk melakukan analisis tersebut maka sebagai sumber data yang digunakan adalah Statistik PAUD dan Statistik PNF Tahun 2013 yang tersedia di PDSPK serta dapodik nonformal. Hasil analisis menunjukkan bahwa potensi SDM PAUD dan PNF cukup besar, dengan peserta didik sebesar 15,9 juta ditangani oleh pendidik sebesar 642,3 ribu orang, dan pengelola sebesar 241,3 ribu orang. Berdasarkan data SDM PAUD dan PNF dan standar yang ditentukan maka dapat dihitung kebutuhan pendidik PAUD dan PNF untuk selanjutkan dihitung kekurangan/kelebihan pendidik PAUD dan PNF. Kebutuhan pendidik PAUD dan PNF sebesar 629.193 orang dengan rincian terbesar pada PAUD sebesar 256.142 orang dan terkecil pada Paket A setara SD sebesar 351 orang. Secara keseluruhan, pada PAUD dan PNF terdapat kelebihan pendidik sebesar 13.128 orang. Berdasarkan indikator maka dapat dihitung delapan jenis indikator yang terkait dengan SDM. Bila dilihat dari indikator yang digunakan dan dengan menggunakan kategori pencapaian termasuk paripurna, utama, madya, pratama, dan kurang maka dua indikator, yaitu persentase pendidik perempuan dan persentase pengelola perempuan menunjukkan kinerja kategori madya, rasio peserta didik per pendidik termasuk kategori pratama, sedangkan indikator lainnya seperti persentase iii pendidik memiliki ijazah S1 dan lebih tinggi, persentase pendidik berasal dari guru, persentase pendidik yang telah mendapatkan pelatihan, pengelola memiliki ijazah S1 dan lebih tinggi termasuk kategori pratama. Kinerja tujuh program PAUD dan PNF menunjukkan bahwa terdapat lima program, yaitu pendidikan keaksaraan termasuk kategori madya, paket A setara SD, paket B setara SMP, paket C setara SMA dan kursus termasuk kategori utama sedangkan PAUD dan TK termasuk kategori kurang. Dengan melihat kinerja program PAUD dan PNF maka disarankan agar pendidik dan pengelola PAUD dan TK ditingkatkan kualifikasinya agar mencapai S1. Selain itu, khusus PAUD supaya pendidiknya mendapatkan pelatihan tentang PAUD. Bila semua saran itu dapat dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan mutu program PAUD dan PNF.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan |
Depositing User: | Ms Ari Sulistiani |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 08:08 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 08:13 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22920 |
Actions (login required)
View Item |