Lestari, Irna Tri and Basuki, Irawan Santoso Suryo and Raziqiin, Khairur and Setiawan, Budiana (2020) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. ISBN 9786020792811
Text
Puslitjak_2020_24_Implementasi_PPK_pada_Anak_Usia_Dini.pdf Copyright All Rights Reserved Download (3MB) |
Abstract
Satuan pendidikan menjadi sarana strategis dalam mendukung pembentukan karakter bangsa, karena memiliki sistem, infrastruktur, serta ada dukungan ekosistem pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun sampai sejauh ini masih belum banyak hasil-hasil penelitian yang membahas tentang
implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kajian ini menemukan nilai-nilai utama pendidikan karakter yang dipandang sangat penting diinternalisasikan ke dalam kegiatan dan proses pembelajaran
di PAUD, sehingga perilaku anak usia dini sesuai dengan tahapan
perkembangan anak. Selain itu, kajian ini menghasilkan rumusan-rumusan kebijakan PPK yang komprehensif dan bertumpu pada nilai-nilai PPK yang akan dikembangkan di PAUD. Kebijakan tersebut menjadi dasar bagi perumusan langkah-langkah yang lebih konkret agar penyemaian dan pembudayaan nilai-nilai utama pembentukan karakter bangsa dapat dilakukan secara efektif dan menyeluruh dimulai sejak usia dini.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Dwi Retnawati |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 08:01 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 08:01 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21564 |
Actions (login required)
View Item |