Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2014) Model PAUD inklusi 2014. Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BPPNFI ) Regional V Makassar, Makassar.
Text
model-paud-inklusi-2014 (1).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (720kB) |
Abstract
Pendidikan inklusi adalah suatu strategi untuk memperbaiki sistem pendidikan melalui perubahan kebijakan dan pelaksanaan yang eksklusif. Pendidikan inklusi yang berfokus pada peminimalan dan penghilangan berbagai hambatan terhadap akses, partisipasi dan belajar bagi semua anak, terutama bagi mereka yang secara sosial terdiskriminasikan sebagai akibat kecacatan dan kelainannya Pendidikan inklusi melihat perbedaan individu bukan suatu masalah, namun lebih pada kesempatan untuk memperkaya pembelajaran bagi semua anak. Pendidikan Inklusi melaksanakan hak setiap anak untuk tidak terdiskriminasikan secara hukum sebagaimana tercantum dalam konvensi PBB (UNCRC) tentang hak anak. Pendidikan inklusi menghendaki sistem pendidikan dan sekolah lebih menjadikan anak sebagai pusat dari pembelajaran fleksibel dan dapat menerima perbedaan karakteristik dan latar belakang setiap anak untuk hidup bersama.
Pendidikan inklusi merupakan suatu pendekatan pendidikan yang inovatif untuk memperluas akses pendidikan bagi semua anak berkebutuhan khusus termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks yang lebih luas, pendidikan inklusi juga dapat dimaknai sebagi satu bentuk reformasi pendidikan yang menekankan sikap anti diskriminasi, perjuangan persamaan hak dan kesempatan, keadilan, dan perluasan akses pendidikan bagi semua, peningkatan mutu pendidikan, upaya strategis dalam menuntaskan wajib belajar 9 tahun, serta upaya merubah sikap masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus.
Tujuan umum pengembangan program pembelajaran PAUD Inklusi ini adalah Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, dan sosial atau memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Adapun tujuan khusus dari pengembangan program pembelajaran PAUD Inklusi ini diantaranya mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman, hak anak dan tidak diskriminatif bagi semua anak yang berkelainan, mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh anak ABK dengan dididik bersama-sama anak lainnya, serta pemerataan kesempatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus dengan menerima perbedaan karakteristik masing-masing anak.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 29 May 2020 08:54 |
Last Modified: | 29 May 2020 08:55 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18494 |
Actions (login required)
View Item |