Safri, Muhammad and Bakkai,, Anwar and Asmar, Syaiful and Halmiah Z., Halmiah Z. (2019) Model purina pendidikan pengurangan resiko bencana pada anak usia dini (edisi prabencana). Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan, Makassar.

[img] Text
purina-pendidikan-pengurangan-resiko-bencana-pada-anak-usia-dini-2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Presiden Jokowi (Sidang Kabinet Paripurna, 7 Januari 2019). UU nomor 24 tahun 2007 (pasal 26) menyatakan prioritas Pengurangan Risiko Bencana perlu dimasukkan ke dalam sektor pendidikan, di mana setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, baik dalam situasi tidak terjadi bencana maupun situasi terdapat potensi bencana. Melalui pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana baik secara formal maupun nonformal, diharapkan budaya aman dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dapat terus dikembangkan. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan menyatakan dari 24 kabupaten/kota di Sulsel berpotensi terjadi bencana, patut diwaspadai karena seluruh titik daerah rawan dan semuanya rentan terjadi bencana alam. Anak-anak adalah kelompok yang paling rentan selama kejadian bencana, terutama yang sedang bersekolah pada saat berlangsungnya kejadian. Pada saat bencana, gedung sekolah atau lembaga Pendidikan hancur, mengurangi usia hidup peserta didik dan guru yang sangat berharga dan terganggunya hak memperoleh Pendidikan sebagai dampak bencana. Berdasarkan masalah dan prioritas kebutuhan sehubungan dengan program pendidikan kebencanaan supaya dapat berjalan di lembaga PAUD, direkomendasikan untuk dikembangkan : Model Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana pada Anak Usia Dini yang selanjutnya bisa disingkat MODEL PURINA.
Secara umum model ini bertujuan untuk memberikan pedoman pembelajaran dalam pendidikan pengurangan resiko bencana pada anak usia dini dalam rangka mengembangkan program Pendidikan kebencanaan di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, sehingga dapat membantu mengurangi dampak bencana serta kesiapan dalam menghadapi bencana yang datang sewaktu waktu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 26 May 2020 10:55
Last Modified: 26 May 2020 10:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18416

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot