Kemendikbud, Pusat Penilaian Pendidikan and Abduh, Moch (2019) Panduan penilaian tes tertulis. Manual. Pusat Penilaian Pendidikan, Jakarta.
Text
PANDUAN PENILAIAN TERTULIS 2019.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menginterpretasikan, dan memanfaatkan informasi hasil penilaian berkaitan dengan perkembangan dan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kurikulum. Pelaksanaan penilaian aspek pengetahuan dapat dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur. Tes tertulis dilakukan dengan berbagai bentuk antara lain uraian, isian singkat, dan pilihan ganda.
Buku ini berisi panduan bagi pendidik dalam melakukan penilaian tertulis sehingga pendidik dapat lebih mudah melaksanakan proses penilaian dan dapat lebih memfokuskan bentuk tes yang lebih otentik dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti bentuk tes uraian. Isi panduan ini disusun secara praktis dengan mengaitkan teori dan konsep-konsep penilaian tertulis yang diimplementasikan pada konteks kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan Pendidikan > Siswa > Ujian Nasional Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Asesmen dan Pembelajaran |
Depositing User: | Mr Chaidir Amir |
Date Deposited: | 19 May 2020 08:04 |
Last Modified: | 19 May 2020 08:04 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18344 |
Actions (login required)
View Item |