Kemendikbud, Pusat Penilaian Pendidikan and Abduh, Moch (2019) Panduan penulisan soal HOTS - Higher Order Thinking Skills. Manual. Pusat Penilaian Pendidikan, Jakarta.
Text
PENULISAN SOAL HOTS 2019.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang lebih dikenal HOTS (higher order thinking skills) merupakan topik yang hangat dibicarakan di dunia pendidikan. Isu yang menjadi perhatian adalah rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia, seperti ditunjukkan hasil studi internasional PISA (Programme for International Student Assessment). Padahal keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu modal individu untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata dengan perubahan yang semakin cepat.
Salah satu usaha yang perlu dilakukan dunia pendidikan untuk menyiapkan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang dapat bersaing di tingkat global adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pusat Penilaian Pendidikan sebagai lembaga penilaian berskala nasional membantu mewujudkannya dengan menyiapkan buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Diharapkan dengan buku ini, pendidik dapat menyusun instrumen penilaian yang berkualitas.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > HOTS Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Asesmen dan Pembelajaran |
Depositing User: | Mr Chaidir Amir |
Date Deposited: | 19 May 2020 07:59 |
Last Modified: | 19 May 2020 07:59 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18343 |
Actions (login required)
View Item |