Kemendikbud, Pusat Penilaian Pendidikan and Abduh, Moch (2019) Panduan penilaian kinerja (performance assessment). Manual. Pusat Penilaian Pendidikan, Jakarta.
Text
PANDUAN PENILAIAN KINERJA 2019.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang ketercapaian kurikulum yang menjadi target pembelajaran. Pelaksanaan penilaian ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang akan diukur ketercapaiannya. Bentuk penilaian di kelas yang telah
dikenal, antara lain tes tertulis, tes lisan, dan penilaian kinerja. Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk penilaian yang perlu ditingkatkan penggunaannya di
kelas.
Buku ini disusun secara praktis sebagai salah satu panduan bagi pendidik dalam melakukan penilaian kinerja. Buku ini merupakan pengembangan dari buku yang pernah diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Pada buku ini disajikan contoh contoh soal atau tugas untuk penilaian kinerja. Contoh-contoh tersebut diharapkan memberi wawasan, inspirasi kepada pendidik bagaimana penilaian kinerja bermanfaat tidak hanya untuk menilai kompetensi yang sesuai tetapi juga dapat mendorong berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Asesmen dan Pembelajaran |
Depositing User: | Mr Chaidir Amir |
Date Deposited: | 19 May 2020 07:43 |
Last Modified: | 19 May 2020 07:52 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18341 |
Actions (login required)
View Item |