Napasti, Friny (2016) Implementasi lesson study berbasis sekolah (LSBS) sebagai upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, X (1). pp. 1-12. ISSN 1858-3105
Text
01 Juni 2016.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan implementasi LSBS dan respon guru terhadap implementasi LSBS dalam PKB bagi guru di SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian tindakan sekolah berbasis lesson study yang dilakukan oleh kepala sekolah pada 28 guru SMP Negeri 2 Tarakan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan hasil sebagai berikut : terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan lesson study pada siklus 1 74,04%, siklus 2 85,95%, siklus 3 92,22% dan siklus 4 96,18%. Sehingga diperleh rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 87,10% dengan kriteria amat baik, serta terdapat peningkatan rata-rata respon guru dari cukup baik dengan skor 1,49 pada siklus 1, 1,59 pada siklus 2, 1,86 pada siklus 3 dan 1,88 pada siklus 4, sehingga rata-rata respon guru terhadap pelaksanaan LSBS adalah rata-rata 1,71 dengan kriteria amat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan LSBS berjalan sangat baik dan terdapat peningkatan respon guru dalam melaksanakannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, LSBS, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB |
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 08:07 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 08:07 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15494 |
Actions (login required)
View Item |