Biantoro, Sugih and Julizar, Kaisar and Widjaja, Imelda and Ulumuddin, Ihya and Rarasati, Niken and Fajar, Yudi and Daniel B., Jimmy (2020) Pengembangan indeks pembangunan kebudayaan. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. ISBN 9786020792927
Text
Puslitjak_2020_26_Pengembangan_Indeks_Pembangunan_Kebudayaan.pdf Copyright All Rights Reserved Download (1MB) |
Abstract
Indeks Pembangunan Kebudayaan disusun dengan mengacu pada konsep Culture Development Indicators (CDIS) UNESCO. Dalam CDIS, terdapat tujuh dimensi sebagai tolak ukur, yaitu ekonomi, pendidikan, pemerintahan, partisipasi sosial, gender, komunikasi, dan warisan budaya (UNESCO, 2014). Ketujuh dimensi
diturunkan ke dalam bentuk indikator, dimana masing-masing dimensi memiliki satu hingga lima indikator. Integrasi antara CDIS dengan Strategi Kebudayaan menghasilkan dimensi dan indikator baru yang dianggap sesuai dengan karakteristik kebudayaan di Indonesia. Indeks Pembangunan Kebudayaan diharapkan dapat memberikan gambaran pembangunan kebudayaan secara lebih holistik dengan memuat 7 (tujuh) dimensi, yakni: (1) dimensi ekonomi budaya; (2) dimensi pendidikan; (3) dimensi ketahanan sosial budaya; (4) dimensi warisan budaya; (5) dimensi ekspresi budaya; (6) dimensi budaya literasi; dan (7) dimensi gender. Hasil dari penghitungan Indeks Pembangunan Kebudayaan dapat dijadikan sebagai umpan balik dalam proses perencanaan pembangunan, sehingga dapat dihasilkan perumusan kebijakan, strategi, dan program kebudayaan berbasis data emipiris.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Dwi Retnawati |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 03:34 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 03:34 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21584 |
Actions (login required)
View Item |