Sukarya, Yaya (2015) Pengaruh hasil pelatihan dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan. Damar Jayagiri, 2015. pp. 61-72. ISSN 20871260
Text
61-72.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penyelenggaraan pelatihatn kewirausahaan bagi masyarakat yang berbasis pendidikan kecakapan hidup. Dimana tujuan akhir dari pelatihan ini berupa pengaruh/dampak yang ditujukan melalui perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan. Adapun perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan diasumsikan mendapat kontribusi dari hasil pelatihan dan masukan lain dalam hal ini daya dukung dari dalam diri peserta dalam bentuk efikasi diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) seberapa besar pengaruh hasil pelatihan terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan; 2) seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan; 3) seberapa besar pengaruh hasil pelatihan dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan. Adapun hipotesis penelitian ini meliputi: 1) terdapat pengaruh yang signifikan anatar hasil pelatihan terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap perilaku peserta berwirausaha pasca pelatihan; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pelatihan dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan. Kajian pustaka dalam penelitian ini diantaranya mencakup konsep Pendidikan Luar Sekolah, Hasil Pelatihan, Efikasi Diri dan Perilau Berwirausaha. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional, serta sampel penelitian ini sebanyak 30 responden yang diambil dengan teknik cluster sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) gambaran hasil pelatihan peserta dapat diketahui dari nilai rata-rata variabel yang tergolong tinggi, ini berarti bahwa hasil pelatihan peserta pada rata-ratanya adalah baik. 2) gambaran efikasi diri peserta diketahui dari nilai rata-rata variabel yang tergolong cukup, ini berarti bahwa efikasi diri peserta termasuk sedang atau cukup. 3) gambaran perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan dikatahui berdasarkan nilai rata-rata variabel yang tergolong cukup, ini berarti bahwa perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan dapat dikategorikan cukup atau sedang. 4) pengaruh hasil pelatihan terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan dinyatakan dengan persamaan regresi linier sederhana yang menunjukkan harga positif, dengan besar derajat hubungan antara dua variabel tergolong cukup atau moderat, adapun besarnya kontribusi variabel hasil pelatihan terhadap perilaku berwirausaha adalah sebesar 25,39%. 5) pengaruh efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan dinyatakan dengan persamaan regresi linier sederhana yang menunjukkan positif, dengan besar derajat hubungan antara dua variabel tergolong tinggi atau erat, adapun besarnya kontribusi variabel efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha adalah sebesar 64, 84%. 6) pengaruh hasil pelatihan dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha peserta pasca pelatihan dinyatakan dengan persamaan regresi linier ganda yang menunjukkan harga positif, dengan besar derajat hubungan antara variabel tersebut tergolong tinggi atau erat, adapun besarnya kontribusi variabel hasil pelatihan dan efikasi diri terhadap variabel perilaku berwirausaha adalah sebesar 65,04%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wirausaha |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Kursus dan Pelatihan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat |
Depositing User: | Mrs Sofi Suwaris |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 08:41 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:41 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/9009 |
Actions (login required)
View Item |