Hermana, Apip (2011) Implementasi pendekatan andragogi dalam pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi calon pelatih guru al-qur'an. Damar Jayagiri, 2011. pp. 36-41. ISSN 20871260
Text
36-41.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang masih adanya kegiatan pelatihan, yang kurang memperhatikan pentingnya sebuah pendekatan. Bila diamati, keberhasilah sebuah pelatihan tidak terlepas dari pendekatan yang telah dilakukan baik oleh penyelenggara pelatihan maupun oleh fasilitator dalm proses pelaksanaan pembelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan andragogi dalam pelaksanaan pelatihan calon guru mangkaji Al-Qur’an yang dilaksanakan oleh Ummi Foundation (UF) Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem pelatihan pelatih, proses pelaksanaan pembelajaran dalam pelatihan, peran fasilitator dalam proses pembelajaran pelatihan, hasil belajar pelatihan pelatih terutama kompetensi kepelatihan pelatih guru Al-Qur’an setelah menggunakan pendekatan andragogi.
Teori yang mendukung penelitian ini yaitu teori andragogi dan pendekatannya, teori belajar orang dewasa, prinsip, prosedur, dan langkah-langkah pendekatan andragogi dalam pelatihan, sistem penyelenggaraan pelatihan, peran fasilitator dalam pelaksanaan pelatihan, dan hasil pembelajaran terutama kompetensi kepelatihan yang diperoleh peserta pelatihan.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan tenik pengumpulan datanya menggunakan: (1) studi dokumentasi, (2) observasi, dan (3) wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas dua bagian, yaitu fasilitator dan peserta masing-masing 2 orang, jadi totalnya 4 orang, dan penyelenggara pelatihan 1 orang. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, penyimpulan data, dan verifikasi, kemudian dilakukan validasi.
Data hasil penelitian, dalam tahap sistem penyelenggaraannya Ummi Foundation Bandung belum maksimal dalam melakukan penelurusan kebutuhan dan minat dan kebutuhan peserta pelatihan. Sistem penyelenggaraannya diawali dengan identifikasi dan analisis kebutuhan pelatihan, kemudian klasifikasi dan proses penentuan peserta pelatihan, merumuskan tujuan pelatihan, menyusun rancang bangun pelatihan, melaksanakan pelatihan dan melakukan evaluasi pelatihan. Dalam proses pembelajaran dilakukan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan impelementasi pendekatan andragogi, yang dikuatkan melalui sikap fasilitator dalam memfasilitasi pembelajaran orang dewasa. Hasil pelatihan yang diperoleh terdapat peningkatan motivasi dan partisipasi belajar selama pelatihan yang berdampak pada peningkatan kompetensi peserta pelatihan.
Kesimpulannya, jika implementasi pendekatan andragogi dalam pelatihan calon pelatih guru mangkaji Al-Qur’an didukung oleh persiapan yang matang dalam penyelenggaraan pelatihan yang dilakukan penyelenggara, sarana dan prasarana, serta pembelajaran yan memberikan peran lebih besar kepada peserta, ternyata efektif dalam memotivasi dan mengubah sikap peserta sehingga mereka lebih aktif dalam pelatihan, sehinga ternyata selain mampu meningkatkan motivasi peserta, juga mempercepat peningkatan kompetensi peserta pelatihan.
Kata kunci: andragogi, sistem penyelenggaraan pelatihan, peran fasilitator, hasil belajar dan kompetensi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Andragogi, kompetensi |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Sekolah Agama > Sekolah Agama Islam (Madrasah/Pesantren) |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat |
Depositing User: | Mrs Sofi Suwaris |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 04:06 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 04:06 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/8979 |
Actions (login required)
View Item |