Moffatt, Michelle and Supiandi, Yusuf and Rahman, Abdul and Juanda, Bambang (2013) Kaji ulang satu dekade pengarusutamaan gender bidang pendidikan di Indonesia: ringkasan eksekutif. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta. ISBN 9789793764948
Text
ACDP005 - Kaji-Ulang-Satu-Dekade-Pengarusutamaan-Gender-Bidang-Pendidikan-di-Indonesia-Ringkasan-Eksekutif.pdf Download (943kB) |
Abstract
Penelitian ini melihat lebih jauh dimensi kunci yang ada dalam proses belajar dan mengajar termasuk kurikulum, buku teks, bahan ajar, lingkungan sekitar, pengembangan kapasitas guru, dan pencapaian hasil oleh murid. Salah satu berita menggembirakan yang didapat dari Penelitian ini adalah telah banyaknya praktik-praktik yang baik dan inovatif. Misalnya, inisiatif untuk menghilangkan stereotip gender dan bias dalam bahan ajar dan lingkungan sekolah, integrasi kesadaran gender dalam pelatihan kepala sekolah dan guru, dan sensitifitas gender untuk seluruh komunitas sekolah. Penelitian juga menyertakan beberapa contoh praktik yang baik serta inovasi yang menjanjikan. Namun demikian, masih ada kesempatankesempatan di lapangan yang belum dikembangkan secara maksimal karena praktik yang baik ini terjadi hanya di daerah tertentu saja dan dilakukan dalam skala kecil, biasanya melalui kegiatan uji coba dengan kesempatan replikasi yang terbatas.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kesetaraan |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Sekretariat Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan |
Depositing User: | Annisarti Siregar |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 03:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 03:48 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/8446 |
Actions (login required)
View Item |