Nurhendrayani, Henny and Mustopa, Mustopa and Hardiyanto, Edy (2015) Model bahan ajar program pendidikan keluarga bagi orangtua dengan anak usia 7-12 tahun. PP-Paud dan Dikmas Jawa Barat, Lembang.
|
Text
Model Parenting 2015-Model Bahan Ajar Program Pendidikan Keluarga-w.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan Model Bahan Ajar Program Pendidikan Keluarga Bagi Orangtua Dengan Anak Usia 7-12 Tahun adalah model bahan ajar penguatan peran orangtua terhadap anak dalam pengasuhan,pendidikan dan perlindungan perlu dipelajari secara terus menerus, agar sensitif dan responsif pada tahap perkembangan anak dan keluarga. Proses pendidikan akan berhasil bila keseluruhan ekosistem di sekeliling anak bergerak selaras. Memformulasikan model Bahan ajar
program pendidikan keluarga bagi orangtua dengan anak usia 7-12 tahun. Sedangkan tujuan khususnya adalah merancang paket perangkat bahan ajar pembelajaran program pendidikan keluarga bagi orangtua dengan anak usia 7-12 tahun yang terdiri dari Panduan Fasilitator, Silabus dan Paket bahan ajar dan Instrumen Evaluasi (Refleksi) pembelajaran. Pola interaksi dalam proses pembelajaran dirancang dengan memperhatikan prinsip-prinsip: berpusat pada peserta didik,
mengembangkan kreativitas, menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, mengembangkan beragam kemampuan yang bermuatan nilai, menyediakan pengalaman belajar yang beragam, dan belajar melalui berbuat (learning by doing). Pengguna Pengembangan model bahan pembelajaran program pendidikan keluarga bagi orangtua dengan anak usia 7-12 tahun ini diperuntukan bagi Orangtua yang memiliki anak 7-12 tahun, Fasilitator pendidikan keluarga/keorangtuaan, Lembaga/ Pengelola program pendidikan keorangtuaan, misalnya PKBM, Majlis Taklim, Lembaga PAUD, UPTDBPKB/SKB, Lembaga Swadaya Masyarakat atau lembaga yang peduli terhadap program pendidikan Keluarga. Model ini telah diujicobakan pada dua lokasi Yayasan Darussalam Kecamatan Kota Bandung dan KOEM Ngoeniang Ligar Utama Kabupaten Bandung.
Dengan karakteristik masyarakat perkotaan dan perdesaan yang
sebagian besar warga belajarnya adalah ibu rumah tanggaa. Model ini masih dalam ujicoba terbatas untuk itu perlu kajian dan telaahaan lebih lanjut jika diterapkan pada lokasi dengan karakteristik yang berbeda.
semoga model ini menjadi bagian dari program pemerintah dalam menggalakan program pendidikan keluarga guna menghasilkan keluarga yang berkualitas dimasa yang akan datang.
Item Type: | Book |
---|---|
Additional Information: | Termasuk di dalamnya : 1. Fenomena sosial anak 2. Perilaku anak di rumah 3. Peran, fungsi, tugas dan tanggungjawab orangtua terhadap anak 4. Panduan evaluasi diri orangtua |
Subjects: | Pendidikan > Orang Tua > Pendidikan Keluarga |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat |
Depositing User: | Mrs Sofi Suwaris |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 07:51 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 07:51 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/7169 |
Actions (login required)
View Item |