Duwijo, Duwijo and Darta, I Ketut (2017) Pendidikan agama Hindu dan budi pekerti: buku guru SD kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Jakarta. ISBN 9786022822318

[img]
Preview
Text
buku guru hindu.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk tingkat Sekolah Dasar Kelas V ini disusun sesuai Kurikulum 2013. Buku guru ini dapat digunakan sebagai pedoman dan acuan, teknik, dan strategi pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti yang menekankan pada pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif serta menyenangkan guna pencapaian kompetensi yang diharapkan. Dalam hal ini guru bertindak sebagai fasilitator. Penyajian materi dalam buku ini diawali dengan kompetensi inti, tujuan pembelajaran berisi tujuan yang hendak dicapai, peta konsep yang menuntun guru pada arah konsep yang akan diketahui oleh siswa melalui proses pembelajaran, dan kata kunci berupa kata kunci pelajaran yang akan diterima siswa. Disamping itu juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan-kegiatan seperti pendapatku, guru hendaknya mampu mendorong dan merangsang siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya, kolom info berisi informasi tambahan tentang pentingnya ajaran agama Hindu, mari beraktifitas, guru dapat memfasilitasi dan mendorong siswa dalam berkreatifitas, diskusi dengan orang tua guru dapat mendorong siswa untuk lebih dekat dengan orang tua dan mendapat bimbingan dalam melaksanakan ajaran agama Hindu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah. Diskusi di kelas guru dapat membagi siswa dalam beberapa kelompok kemudian di tentukan tema yang akan dibahas setiap kelompok dan melakukan pengamatan untuk memberikan penilaian, ini merupakan latihan untuk mengasah kemampuan siswa dan mengajak siswa untuk aktif berdiskusi dengan teman-temannya di kelas, uji kompetensi diberikan pada akhir setiap bab untuk menguji dan mengukur tingkat penguasaan pengetahuan siswa dari setiap bab. Penilaian hasil belajar dapat menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai Kompetensi Dasar yang harus dikuasai siswa. Seperti Tes Tertulis dapat berbentuk Pilihan Ganda (PG), menjodohkan, isian singkat, atau uraian/essay. Tes Lisan seperti penilaian sikap, observasi perilaku, pertanyaan langsung, laporan pribadi, dan penilaian portofolio. Dalam buku ini juga dilengkapi illustrasi gambar-gambar yang menarik guna merangsang dan menanamkan kepada siswa untuk gemar membaca, selain itu juga untuk menanamkan keberagaman budaya Hindu dengan menambahkan hari suci agama Hindu yang dirayakan oleh umat Hindu etnis India. Sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia yang disajikan sejak awal 2 Masehi

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Buku Sekolah
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 20 Sep 2018 04:36
Last Modified: 09 Jul 2021 05:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/6988

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot mariatogel slot gacor 4d santuy4d garuda slot gacorbos slot gacor malam ini slot deposit pulsa https://prosiding.umk.ac.id/ https://jurnal.itsp.ac.id/ slot deposit pulsa