Indriyanto, Bambang (2014) Mengkaji revolusi mental dalam konteks pendidikan. Mengkaji Revolusi Mental Dalam Konteks Pendidikan, 20 (4). pp. 554-567.
|
Text
8. Bambang-.pdf - Published Version Download (102kB) | Preview |
Abstract
Tujuan tulisan ini adalah untuk mengkaji makna revolusi mental dalam konteks pendidikan dari dua sudut pandang, yaitu pendidikan kewarganegaraan dan sistem pendidikan
nasional. Pada tulisan ini proposisi yang diajukan adalah bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Untuk mewujudkan kemanjuran pendidikan kewarganegaraan peran guru diperluas dengan mencakup peran transferring, transforming,dan transcending. Dengan ketiga peran ini, hasil pendidikan dalam arti outcome dapat mendorong pembentukan manusia Indonesia yang produktif dan bersikap demokratis serta mampu memelihara harmonisasi kehidupan sosial. Untuk mencapai tujuan sistem pendidikan pada umumnya dan pendidikan kewarganegaraan pada khususnya, kurikulum berperan sebagai rujukan dan arah bagi guru dalam mengartikulasikan konsep-konsep yang terkandung dalam mata pelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Infografis Pendidikan |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Sekretariat Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 03:33 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 08:25 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/560 |
Actions (login required)
View Item |