Widiati, Utami and Rohmah, Zuliati and Furaidah, Furaidah (2017) Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X: buku guru. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Jakarta. ISBN 9786024271107
|
Text
b_f33bc5f2-d9ab-4300-9e93-eeb1eefd03c1.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, guru dapat menuntun siswa mengeksplorasi beragam teks dalam Buku Siswa, yang disesuaikan dengan amanat kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 untuk Kelas X, yang meliputi teks fungsional pendek; esei berbentuk recount, narrative, dan descriptive; serta teks berbentuk percakapan (interactional texts) yang mencerminkan berbagai tindak tutur. Beragam teks tersebut disajikan melalui tema-tema yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial di Indonesia, yang dimaksudkan untuk mengembangkan karakter penting seperti kecintaan pada alam Indonesia dan sikap menjaganya, serta mengembangkan karakter mengasihi sesama sebagai dasar terbentuknya perilaku sosial yang positif. Namun, untuk menambah wawasan pengetahuan siswa, beberapa teks juga mengambil tema yang lebih global. Berbagai prosedur dan instruksi yang disarankan dalam buku ini diupayakan dapat mendorong penggunaan belajar berkelompok dalam berbagai bentuk, dengan tujuan agar siswa banyak berinteraksi, sehingga terbangun kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim. Dengan demikian, siswa berlatih untuk berpartisipasi dalam menyampaikan gagasan dan pemikirannya berkaitan dengan jenis teks yang sedang dipelajari, yang pada akhirnya dapat mengembangkan keberanian siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan. Guru diharapkan selalu mendorong siswa untuk menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru disarankan untuk terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan mengajarkan kepada siswa ungkapan-ungkapan yang biasa digunakan dalam interaksi di kelas (classroom English). Buku ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Siswa sangatlah penting. Oleh karenanya, guru diharapkan dapat memperkaya isi Buku Siswa dengan kreasi dan kreativitasnya dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan,
yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam terdekat dengan konteks mengajar. Sama halnya dengan Buku Siswa, buku ini perlu terus diperbaiki dan disempurnakan. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran, masukan, dan kritik dari para pembaca untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami menyampaikan terima kasih. Akhirnya, kami berharap
buku ini dapat memberikan manfaat dalam usaha bangsa dan negara Indonesia membangun peradaban baru dan mempersiapkan generasi emas pada masa seratus tahun Indonesia Merdeka.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran > Bahasa Inggris Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas Pendidikan > Buku Sekolah |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 04:38 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 11:51 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5233 |
Actions (login required)
View Item |