Ghozaly, Faesal (2017) Pendidikan agama Islam dan budi pekerti : Buku guru (SD/MI Kelas IV). Buku guru (SD/MI Kelas IV) . Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Jakarta, p. 138. ISBN 9786022828051
|
Text
b_a2f5da27-51f3-4850-843b-d98c6b207e60.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (58MB) | Preview |
Abstract
Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah
dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak
mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya
adalah yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik
akhlaknya.” Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah
yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih
sayang, kepada segenap unsur alam semesta.
Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi
yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya
diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan
keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 03:07 |
Last Modified: | 09 Jul 2021 05:53 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5216 |
Actions (login required)
View Item |