Suyami, Suyami and Sukari, Sukari and Rimanang, Anton and Setiawan, Arief Budhi (2017) Kopral: permainan anak di Kota Surabaya Jawa Timur. Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta, Jl. Brigjen Katamso 139 (Dalem Jayadipuran) Yogyakarta. ISBN 9789798971655
|
Text
kopral.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Dunia anak identik dengan bermain, bersenang-senang, penuh dengan keceriaan dan kegembiraan. Keseharian anak dihiasi dengan canda tawa, kemeriahan serta diwarnai dengan ekspresi kesenangan tanpa beban apapun.Masa kecil merupakan masa terbaik untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Penanaman itu bisa dilakukan dengan teleladanan tokoh/sosok tertentu, proses internalisasi secara langsung, maupun melalui buku bacaan. Melalui buku bergambar bisa menumbuhkan imajinasi anak untuk mengembangkan penalaranya. Tentunya buku bergambar yang dipilih pun merupakan buku bergambar yang berkualitas secara substansi maupun materi. Sebab, melalui buku cerita bergambar anak akan berimajinasi secara bebas sesuai dengan usia dan kemampuanya. Buku bergambar yang dikenalkan kepada anak tentu buku yang sarat dengan nilai-nilai karakter baik berupa cerita rakyat, permainan tradisional, maupun kuliner tradisional.
Kopral merupakan salah satu permainan tradisional anak yang masih dikenal dan dimainkan oleh anak-anak dikota Surabaya. Cara memainkanya sangat sederhana dan mudah, sehungga anak senang memainkanya. Dalam permainan ini, pemain dituntut saling kerjasama dan kebersamaan menjadi kunci penting. Patut disyukuri permainan kopral masih hidup dan berkembang di Surabaya, yang mana konotasi sebagai kota metropolitan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan Pendidikan > Kebudayaan > Permainan Tradisional |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta |
Depositing User: | Ilma Avitrianti |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 08:59 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 09:11 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5099 |
Actions (login required)
View Item |