Suwondo, Tirto (1996) Seno Gumira Ajidarma dan pelajaran mengarang: penelusuran intensi pengarang dan studi struktural menurut sistem kode Roland Barthes. Majalah Bahasa dan Sastra (3). pp. 14-28.
|
Text
SENO GUMIRA ADJIDARMA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Judul di atas mengisyaratkan adanya pemahaman terhadap dua
hal, yaitu Seno Gumira Ajidarma dan “Pelajaran Mengarang”. Karena Seno Gumira Ajidarma adalah penulis teks cerpen “Pelajaran Mengarang”, Kedekatan hubungan itu pada mengisyaratkan bahwa pemahaman terhadapnya dapat disintesiskan. Oleh karenanya, pendekatan yang dipergunakan dapat ditekankan pada aspek hubungan antara teks (sastra) dan penulis, yang dalam teori sastra sering disebut pendekatan (teori) ekspresif. Akan tetapi, sebagaimana diketahui bahwa dalam dunia penelitian sastra --mungkin juga dunia penelitian ilmiah lainnya-- karya sastra sebagai objek studi sastra tidak bergantung kepada teori, tetapi sebaliknya, objek studi sastra justru menentukan
teori.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan |
Divisions: | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Balai Bahasa D.I.Yogyakarta |
Depositing User: | Mr Rasyid Ridho |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 07:08 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 07:08 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/4833 |
Actions (login required)
View Item |