Mochammad, Syamsuddin and Yedi, Kusmayadi and Triono, Adil (2016) Model penyelenggaraan pendidikan keluarga berpangkalan satuan pendidikan anak usia dini (PAUD). PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Lembang.
|
Text
Model 2016-Parenting-Model Kemitraan paud-w.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Model penyelenggaraan pendidikan keluarga berpangkalan satuan PAUD yang dikembangkan tahun 2016 berusaha memberikan panduan kepada pengelola satuan dan kelompok orangtua murid PAUD tentang bagaimana menyelenggarakan pendidikan keluarga yang merasuk pada rangkaian kegiatan penyelenggaraan PAUD. Terdapat 7 (tujuh) kegiatan penyelenggaraannya, yaitu: (1) Identifikasi potensi program dan penyusunan desain program/kegiatan pendidikan keluarga; (2) Orientasi PTK PAUD dan Penyusunan SOP (standar operasional prosedur); (3) Penerimaan warga belajar PAUD (Pemaparan keberadaan, visi dan misi satuan PAUD, sosialisasi pendidikan keluarga berpangkalan satuan PAUD, dan identifikasi kebutuhan
materi pendidikan keluarga bagi para orangtua); (4) Penyelenggaraan kegiatan “trial” atau pembelajaran “percobaan”; (5) Wawancara konfirmatif kepada orangtua; (6) Penyepakatan (kontrak) mendidik bersama dan penyusunan jadwal pendidikan keluarga; (7) Pelaksanaan kegiatan
pembelajaran dan “gathering” pendidikan keluarga. Pada setiap kegiatan tersebut diuraikan deskripsi singkat, tujuan, pelaksana atau petugas, aspek atau lingkup, cara pelaksanaan, waktu, dan keluaran kegiatan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Orang Tua > Pendidikan Keluarga |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat |
Depositing User: | Mrs Sofi Suwaris |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 06:33 |
Last Modified: | 22 Sep 2017 06:33 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/4654 |
Actions (login required)
View Item |