Mardika, I Nyoman (2008) Pengembangan multimedia dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris di SD. Pengembangan multimedia dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris di SD. pp. 1-23.
|
Text
Multimedia.pdf - Published Version Download (77kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar; (2) mengungkapkan kualitas multimedia pembelajaran ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman; (3) mengetahui aspek daya tarik multimedia pembelajaran yang dikembangkan; (4) mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Validator penelitian ini adalah satu orang ahli bidang studi bahasa Inggris dan satu orang ahli multimedia pembelajaran. Subjek coba penelitian terdiri dari tiga siswa untuk uji coba satu-satu dan dua puluh siswa untuk uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket, pedoman observasi, dan soal pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar melalui enam langkah, yaitu: menganalisis, mendesain, memproduksi, memvalidasi, merevisi, dan mengujicoba; (2) kualitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman adalah baik. Dengan menggunakan rentang skor 1 sampai 5, aspek isi menunjukkan skor rata-rata 3,75, aspek pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,71, aspek tampilan menunjukkan skor rata-rata 3,87, dan pemrograman menunjukkan skor rata-rata 3,75; (3) aspek daya tarik menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat menarik: pada uji coba satu-satu, dari tiga siswa yang diobservasi, dua siswa menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, satu siswa menunjukkan daya tarik produk menarik; pada uji coba kelompok besar, dari dua puluh siswa, dua belas siswa menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, delapan siswa menunjukkan daya tarik produk menarik; dan (4) penggunaan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris berdampak baik terhadap ketuntasan belajar siswa: pada uji coba kelompok besar, dari 20 siswa, terdapat 19 siswa (95%) yang tuntas belajar dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra |
Divisions: | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa |
Depositing User: | Mr Rasyid Ridho |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 03:59 |
Last Modified: | 08 Feb 2017 03:59 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/453 |
Actions (login required)
View Item |