Hadiana, Deni (2015) Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar = Assessment Of Learning Outcomes For Elementary School Students. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21 (1). pp. 15-25. ISSN 02152673
|
Text
2. Deni.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (142kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini membahas penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar termasuk aspek kelembagaannya yang dapat memperkuat domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan melalui penguatan penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Dari hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa penilaian internal oleh pendidik dan satuan pendidikan yang dilakukan dengan berbagai teknik dan prosedur dapat memperkuat penilaian otentik dalam ranah
pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian eksternal oleh pemerintah dilakukan melalui survei akhir kelas dan penilaian akhir sekolah berstandar nasional. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian oleh pemerintah berfungsi sebagai bahan pemetaan dan seleksi ke jenjang pendidikan sekolah menengah pertama.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 03:07 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 09:46 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/407 |
Actions (login required)
View Item |