Kutanegara, Pande Made and Susilantini, Endah and Nurwanti, Yustina Hastrini and Suyami, Suyami and Rohman, Rohman and Suryadmaja, Galih and Pronowibowo, Diaz Agung (2012) Revitalisasi kesenian dongkrek dalam rangka penguatan budaya lokal. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. ISBN 6021727142

[img]
Preview
Text (Buku ini mengenai permasalahan budaya yang menjadi persoal rumit yang berhubungan dengan pewairsan nilai, inventarisasi nilai, revitalisasi nilai, pembentukan karakter dan ketahanan budaya lokal)
REVITALISASI KESENIAN DONGKREK DALAM RANGKA KETAHANAN BUDAYA LOKAL.pdf - Published Version
Copyright Some Rights Reserved

Download (91MB) | Preview

Abstract

Bagi kalangan sejarawan, Madiun bukan hanya telah memberikan dokumen- dokumen kesejarahan yang masih hidup, tetapi juga bisa menjadi inspirasi bagi terlahirnya tema-tema kesejarahan tertentu. Bagi kalangan seniman Madiun juga menyimpan begitu banyak bentuk kesenian khas yang unik dan mentradisi. Salah satu kesenian itu, diantaranya adalah, kesenian mensejarah yang dikenal dengan nama kesenian Dongkrek. Kesenian Dongkrek terlahir diantara tenunan tenunan tebal dari pengalaman budaya, kesejarahan, dan tradisi yang begitu mendalam dan mengagumkan dari kekhasan kawasan Caruban tersebut. Dalam historisnya, kesenian ini telah diyakini sebagai kesenian sakral yang begitu menyejarah, baik bagi masyarakat Mejayan maupun Caruban pada umumnya. Dongkrek yang tumbuh dari tradisi masyarakat di Desa Mejayan, yang kini telah menjadi kesenian khas daerah Madiun. Fenomena ini menjadi menarik untuk diteliti lebih jauh, karena pada saat kesenian tradisi lain berguguran dan ditinggalkan pendukungnya, justru kesenian ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:05
Last Modified: 18 Sep 2024 03:09
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/31494

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot