Ristanto, Anang and Purwanto, Azis and Rogeleonick, Aline and Hartono, Seno and Pramudita, Prani and Kusuma, Anang and Sari, Prima and Bahari, Agi and Retnawati, Dwi and Sugianto, Dennis and Hikmat, A. Anwar and Maulipaksi, Desliana (2022) Jendela Pendidikan dan Kebudayaan: Media Komunikasi dan Inspirasi LX Juni-2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta.
|
Text
editMAJALAH_JENDELA_2022__Edisi_60.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (13MB) | Preview |
Abstract
Salah satu aspek krusial yang memengaruhi mutu satuan pendidikan adalah ketersediaan dana dukungan dari pemerintah. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2005, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) telah membantu satuan pendidikan di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam perjalanannya, kami di Kemendikbudristek terus meningkatkan kualitas program ini, termasuk dengan melakukan transformasi pada kebijakan penentuan besaran, pengiriman, dan pemanfaatan dana BOS.
Merdeka Belajar Episode 16 tentang Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan yang kami luncurkan pada 16 Februari 2022 merupakan kelanjutan dari Perubahan Mekanisme BOS sebagai Merdeka Belajar Episode 3 yang kami hadirkan dua tahun lalu. Dengan adanya transformasi kebijakan ini, Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP) untuk satuan pendidikan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan besarannya disesuaikan dengan Indeks Kemahalan Daerah (IKD), ditransfer langsung ke rekening sekolah, dan dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan berbagai kebutuhan, termasuk melengkapi daftar periksa pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan membayar honor guru honorer.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Program dan Anggaran |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | perpus dikbud |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:13 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/31349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |