AB, Bobin and Kadir, Abdul and Parsuki, Parsuki Album seni budaya Aceh. Proyek Media Kebudayaan. ISBN https://pustaka.kebudayaan.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=4279&keywords=Album+seni+budaya+Aceh

[img]
Preview
Text (Buku ini merupakan kumpulan daftar budaya daerah Aceh)
ALBUM SENI BUDAYA ACEH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (104MB) | Preview

Abstract

Daerah lstimewa Aceh ditinjau dari sejarahnya adalah suatu daerah yang pernah mendapat pengaruh agama Hindu dan Budha (Sriwijaya). Menurut Monografi Aceh pada akhir abad ke XI masuklah agama Islam ke daerah Aceh yang kemudian berkembang dengan pesat sehingga pada permulaan abad ke XV I seluruh penduduk Aceh memeluk agama Islam.
Hasil peninggalan kesenian Hindu dan Budha di daerah ini sekarang sudah tidak tampak lagi. Peninggalan-peninggalan yang merupakan hasil kepurbakalaan Islam dapat dilihat pada peninggalan yang berupa batu kubur berukir dengan ragam hias dan kaligrafi huruf Arab dari sultan-sultan. Peninggalan yang lain seperti hasil kerajinan dari tanah liat atau barang tembikar, ukir kayu, sudah tidak begitu banyak terlihat. Sedangkan Seni Patung dapat dikatakan tidak ada.
Seni Kerajinan yang sampai sekarang masih berjalan hanyalah Seni Kerajinan Emas, Rencong, Anyaman, dan Sulaman. Seni kerajinan Emas di samping nilai hiasnya juga mempunyai nilai moneter, dan inilah yang mungkin membawa kelestariannya. Selain seni kerajinan emas, juga masih berjalan dalam pembuatan Rencong, meskipun bukan sebagai senjata lagi, melainkan sebagai hiasan atau souvenir.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:40
Last Modified: 12 Feb 2024 01:40
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30779

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot