Marbun, Abidan M. and Udansyah, Dadang and Soenarto, Soenarto (1982) Album seni budaya Lampung = cultural album of Lampung. Proyek Media Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kebudayaan daerah)
ALBUM SENI BUDAYA LAMPUNG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (75MB) | Preview

Abstract

Kebudayaan daerah Lampung sudah dimulai sejak zaman Prasejarah. Berdasarkan peninggalan prasejarah daerah Lampung termasuk wilayah penyebaran kebudayaan Megalitik dan kebudayaan Perunggu. Kenyataan ini berdasarkan penemuan-penemuan dari daerah tersebut berupa genderang perunggu atau nekara dan patung-patung nenek moyang megalitik dengan gaya patung khas seni patung Pasemah. Pada permulaan abad-abad pertama Masehi diperkirakan pengaruh Hindu mulai masuk ke Indonesia. Pengaruh kekuasaan kerajaan Sriwijaya meletakkan dasar kebudayaan Hindu di daerah Lampung dan yang berkembang terus sampai pada zaman pengaruh kerajaan Majapahit.
Agama Hindu dan Budha sampai sekarang masih meninggalkan bekas-bekas dalam tradisi masyarakat Lampung seperti pada struktur masyarakat, pada alam pikiran dan upacara adat. Seperti di daerah lain di Sumatra, di Lampung agama Islam perkembangannya dimulai dengan kegiatan perdagangan untuk kemudian dikokohkan oleh para penguasa kerajaan. Diduga bahwa agama Islam masuk ke daerah Lampung dari daerah Sumatra Barat. Namun sejarah menunjukkan pula bahwa perkembangan agama Islam di daerah Lampung adalah karena daerah ini menjadi wilayah dakwah Islam dari para mubalig Banten semasa pemerintahan sultan Hasanuddin. Ini tidak berarti bahwa pengaruh Islam tidak berasal dari Sumatra sendiri.
Kesultanan Palembang dalam hubungan perdagangannya, khususnya perdagangan lada, sempat pula meletakkan pengaruh kebudayaan Islam di daerah Lampung Utara, Tulang bawang dikenal sebagai "Perkebunan Lada Lampung" yang selalu menjadi perhatian para pedagang yang berasal dari luar. Tidak mengherankan bahwa daerah Lampung merupakan daerah bertemunya berbagai unsur kebudayaan luar yaitu dari Minangkabau, Melayu, Palembang dan unsur kebudayaan Jawa, khususnya dari Banten. Unsur-unsur kebudayaan luar inilah yang menjadi dasar pembentukan kebudayaan tradisional daerah Lampung.
Kepercayaan kuno yang bersumber pada zaman Prasejarah membentuk tradisi yang mempercayai hal-hal yang gaib, para makhluk-makhluk supernatural dan para arwah-arwah nenek moyang. Kepercayaan kepada Gali-Gasing, raksasa langit yang menerkam bulan; kepada Setatuha, harimau perwujudan arwah nenek moyang; kepercayaan semacam ini melahirkan mantra-mantra, pantangan-pantangan dan segala macam upacara yang ditaati sebagai warisan budaya tradisional.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:34
Last Modified: 07 Feb 2024 02:34
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30740

Actions (login required)

View Item View Item