Sampurno, Sampurno (1969) Pelita Borobudur Seri B no. 3 : laporan kegiatan proyek restorasi candi borobudur. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bandung.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan arkeologi)
LAPORAN KEGIATAN PROYEK RESTORASI CANDI BOROBUDUR SERI B NO 3.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (37MB) | Preview

Abstract

Dalam laporan ini dapat dibaca kesimpulan-kesimpulan yang menarik tentang tata susunan tanah-dasar yang menjadi tanah fondasi dari bangunan candi Borobudur, misalnya mengenai penyebaran dan ketebalan tanah-urug, bentuk dari bukit asli dan horison-horison yang ada padanya. Kesemuanya di samping dapat dibaca dalam uraian, juga dapat dipahami dari kolom-kolom pemboran dan penampang-penampang.
Kecuali hal-hal tersebut di atas laporan ini memuat pula data-data mengenai sifat-sifat mekanis dari tanah-dasar dengan lebih lengkap, dan dihimpun tersendiri dalam lampiran khusus. Dalam laporan ini dapat pula dilihat hasil analisa air sumur setempat dan ulasan akan kemungkinan pengadaan air bagi keperluan pemugaran candi Borobudur dan Pasanggrahan. Juga dalam laporan ini memuat ikhtisar akan kekuatan tekan dari batu-batu candi. Juga laporan ini mengemukakan persoalan bahan baku yang mungkin perlu guna pemugaran candi seperti pasir, kerikil, kapur dan semen.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Candi
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:09
Last Modified: 02 Feb 2024 06:09
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30680

Actions (login required)

View Item View Item