Yusuf, Wiwik P and Sahriah, Sahriah and Y., Endang N. and Kana, Petrus and Anta, Gunawan (1984) Upacara tradisional (upacara kematian) daerah Sulawesi Selatan [1984]. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kegiatan dari kebudayaan daerah)
Upacara Tradisional (Upacara Kematian) Daerah Sulawesi Selatan (2).pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (79MB) | Preview

Abstract

Dalam sistem budaya masyarakat Indonesia sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari beraneka ragam masyarakat suku bangsa, upacara kematian merupakan salah satu unsur yang mempunyai eksistensi fungsional. Upacara itu yang dapat diamati sebagai suatu wujud tradisi masa kini, pada hakikatnya mempunyai akar sejarah yang jauh di masa lampau. Dalam sistem upacara tersebut mengendap nilai-nilai, norma-norma, aturan-aturan sebagai aspek ideal. Dari upacara tersebut manifes tindakan-tindakan berpola sebagai aspek material. Kedua aspek yang pertama merupakan dimensi-dimensi sosial-budaya yang merupakan pola bagi dan pola dari kelakuan manusia.
Tujuan utama diadakannya inventarisasi dan dokumentasi mengenai berbagai upacara kematian yang tersebar di daerah adalah untuk mendukung kemungkinan pemanfaatan upacara tradisional dalam rangka pembinaan sosial-budaya anggota masyarakat Indonesia. Hasil inventarisasi dan dokumentasi ini, bukan hanya penting artinya dalam rangka pembinaan sosial budaya anggota masyarakat lndonesia1 akan tetapi juga amat penting artinya bagi pengembangan kebudayaan nasional yang sedang tumbuh.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:42
Last Modified: 23 Feb 2024 01:42
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30653

Actions (login required)

View Item View Item