Barasanuji, Baharudin and Sabiro, Paulina and Bungasaw, Hasnah (2000) Morfologi nomina dan adjektiva bahasa Mori. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta. ISBN 9794590193

[img]
Preview
Text
Morfologi Nomina dan Adjektiva Bahasa Mori.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (22MB) | Preview

Abstract

Bahasa Mori adalah salah satu bahasa daerah di Sulawesi Tengah yang terdapat di Kabupaten Poso. Bahasa tersebut berfungsi sebagai alat komunikasi dan pengantar kebudayaan masyarakat Mori yang bermukim di tiga wilayah kecamatan, yaitu (1) Kecamatan Mori Atas, (2) Kecamatan Lembo, dan (3) Kecamatan Petasia. Bahasa Mori ini memiliki beberapa dialek antara lain dialek Molia, Ngusumbatu, Malongkoni, Ulu Pado'e, Moiki, Watu, Impo, dan Mori Atas.
Penelitian tentang bahasa Mori pernah dilakukan, antara lain (1) Klang en Vormleer van het Morisch (1928) oleh Esser, (2) Sintax of Mori (1971) oleh Lapoliwa, serta (3) Struktur Bahasa Mori (1981) oleh Garantjang dan (4) Morjologi dan Sintaksis Bahasa Mori (1986) oleh Inghuong.
Dalam penelitian Struktur Bahasa Mori (1981) diperikan latar belakang dan aspek fonologi , morfologi, dan sintaksis. Penelitian tersebut masih merupakan penelitian awal sehingga yang dideskripsikan hanyalah berupa garis besar sistem nomina, sedangkan adjektiva hanya disinggung secara sepintas.
Dalam penelitian Morfologi dan Sintaksis Bahasa Mori (1986), struktur sintaksis dan morfologis telah diuraikan secara lengkap. Akan tetapi, kajian morfologi masih terbatas pada proses afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan. Nomina dan adjektiva hanya disoroti dalam fungsinya sebagai komponen frasa.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:36
Last Modified: 19 Dec 2023 03:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30600

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot