Subalidinata, Subalidinata and Bagus, I Gusti Ngurah and Kasniyah, Naniek and Yitno, Amin and Djojosugito, Ahmad Muhammad (1985) Celaka, sakit, obat, dan sehat menurut konsepsi orang Jawa. Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Jakarta. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Celaka Sakit Obat dan Sehat Menurut Konsepsi Orang Jawa.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (42MB) | Preview

Abstract

Celaka, Sakit, Obat dan Sehat Menurut Konsepsi Orang Jawa merupakan penerbitan lima makalah ceramah yang diselenggarakan oleh Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi) setiap Senin petang. Tulisan Drs. RS. Subalidinata berjudul "Cerita Murwakala dan Ruwatan di Jawa" dan tulisan Prof. Dr. I Gusti Ngurah Bagus berjudul "Upacara Ruwatan di Bali" memaparkan kepercayaan orang Jawa dan Bali tradisional terhadap Bethara Kala, putera Bethara Siwa, yang selalu mengancam akan memakan manusia celaka, yaitu manusia yang sial dalam keberadaannya di dunia. Salah satu cara yang paling mujarab untuk mengelakkan bahaya itu menurut orang Jawa dan Bali ialah dengan menyelenggarakan upacara ruwatan, yang berwujud bermacam sesaji dan pertunjukan wayang kulit dengan ·lakon yang menceriterakan kelahiran Kala.
Makalah Dra. Naniek Kasniyah, MA berjudul "Etiologi Penyakit Secara Tradisional Dalam Alam Pikiran Orang Jawa" dan makalah Drs. Arnin Yitno, MA berjudul "Kosmologi dan Konsep Kesehatan Pada Orang Jawa" mengulas sebab-musabab penyakit menurut alam pikiran orang Jawa, yang_ banyak dipengaruhi oleh kepercayaan kepada takhayul dan kosmologi. Sedangkan tulisan Prof. dr. Ahmad Muhammad Djojosugito berjudul "Pengetahuan Obat-obatan Jawa Tradisional" memberikan penjelasan kepada pembaca tentang berbagai obat-obatan tradisional yang banyak digunakan oleh orang Jawa. Obat-obatan itu ada yang telah diteliti secara ilmiah khasiatnya, toksisitas, dosis, efek samping dan sebagainya, tetapi masih banyak pula yang belum dan memerlukan penelitian.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:01
Last Modified: 19 Dec 2023 07:01
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item