Supinah, Supinah and MJ, Sucahyono (2017) Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk Sekolah Dasar (SD) Kelas Awal teintegrasi penguatan pendidikan karakter dan pengembangan soal kelompok kompetensi G. [Teaching Resource]
|
Text
SD_KELAS_AWAL_KK_G.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (5MB) | Preview |
Abstract
Materi Pedagogik : Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
Profesional : Hakikat pembelajaran PPKn
Modul ini disusun dengan maksud untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya guru SD yang sedang mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan. Setelah mempelajari modul ini, diharapkan guru yang bertugas mengelola pembelajaran di SD/MI secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, atau pada Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Dinas Pendidikan memiliki kompetensi berikut:
1. Memahami komponen-komponen rancangan pembelajaran.
2. Merancang pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan, sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangannya dan berbasis pada pengembangan nilai-nilai karakter.
3. Menentukan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI.
4. Melaksanakan pembelajaran di SD/MI berbasis pada pengembangan nilai-nilai karakter.
Modul ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana
menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan mengintegrasikan nilainilai karakter yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk itu, guru memerlukan pemahaman tentang bagaimana merancang dan melaksanakan pembelajaran yang
mendidik baik di kelas, di laboratorium, atau di lapangan, serta menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik, sekaligus bagaimana sebaiknya guru mengatur urutan kegiatan pembelajaran di SD/MI berbasis pada nilai-nilai karakter yang dikembangkan pemerintah. Keterampilan lain yang perlu dikuasai guru dalam merancang pembelajaran adalah dapat menganalisis hubungan Kompetensi Inti (KI) untuk kurikulum 2013 dan/atau Standar Kompetensi untuk Kurikulum 2006, Kompetensi Dasar (KD), dan indikator, serta menentukan alur pembelajaran berdasarkan sistematika keilmuan dan membuat penilaian sesuai dengan indikator hasil belajar.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran > Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Ms Ari Sulistiani |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 10:17 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 10:17 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30472 |
Actions (login required)
View Item |